Biasakan Hidup Bersih


Annadzofatu Minal Iman Kebersihan adalah sebagian dari iman. Itulah ajaran agama Islam untuk ummatnya agar senantiasa hidup bersih. Selain rasa nyaman dan sehat, kebiasaan hidup bersih juga akan membuat kita hati-hati soal najis.

Oleh Umi Hazimah Ayu Fadia



Orang yang bersih adalah orang yang menjaga dirinya dari najis. Lalu untungnya apa dong kalau terhindar dari najis?. Keuntungan seseorang yang terhindar dari najis akan sangat ringan untuk melaksanakan ibadah dan tentunya berpahala. Menyadari akan hal ini saya seperti mendapat tantangan baru, ketika dikarunia seorang anak.

Kita sama-sama mafhum jika bayi sampai usia batita (bawa tiga tahun), akan sangat mudah baginya menempelkan najis kepada penghuni rumah terutama sang ibu.

Kondisi seperti inilah yang saya sebut tantangan, karena sebagai ibu tentu saja sedapat mungkin selalu dalam keadaan bebas najis tanpa harus menjauhi anak. Wah, pokoknya betul-betul tantangan baru buat seorang ibu yang baru menjadi ibu.

Saya harus sudah memulai pendidikannya sejak ia lahir, itulah tekad saya sejak si kecil hadir di tengah-tengah kami. Tekad ini pula mewajibkan saya dan penghuni rumah untuk tetap menjagaanya.

Dalam perkembangannnya, budaya bersih yang kita lakukan ternyata berpengaruh bagi si kecil. Si kecil menjadi anak yang sehat dan mampu membedakan sesuatu yang bersih dengan kotor meski ketika itu usianya baru 11 bulan. Biasanya si kecil akan menunjukan ketidaknyamanan karena dirinya kotor dengan cara menunjukan sesuatu itu.

Suatu ketika saya bermain keluar rumah dengan si kecil. Sebagaimana anak-anak lainnya, si kecil masih sering memasukan apa saja ke dalam mulut. Kebetulan ditempat tinggal saya masih banyak yang memelihara ayam sehingga cukup mudah menjumpai kotoran ayam. Tiba-tiba si kecil menarik baju saya dengan tangan kirinya, sementara tangan kanannya menunjuk ke arah kotoran ayam yang menempel di bajunya. Kami bangga karena diusianya yang baru 11 bulan, si kecil seperti tahu bahwa itu kotor dan tidak boleh dimakan.

Selain itu, si kecil juga akan menarik saya saat popoknya basah dan menarik tangan saya menuju kamar mandi. Mudah-mudahan kebiasaan ini menjadi pelajaran yang berharga bagi si kecil. Yah paling tidak untuk menjaga dirinya dari penyakit dan najis. ***

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: